Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Kelengkeng tentu sangat tidak asing bagi kita. Buah kelengkeng memiliki bentuk bulat dengan biji berwarna hitam, rasanya sangat manis. Manfaat buah kelengkeng bukan hanya untuk pengobatan terhadap penyakit. Buah kelengkeng sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan kulit dan rambut.

Kandungan Nutrisi Buah Kelengkeng

Kelengkeng mengandung sejumlah vitamin penting seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C. Mineral penting juga terdapat dalam buah ini, seperti kalsium, kalium, zat besi, fosfor, mangan, magnesium, seng, dan asam tartik. Masih ada kandungan lain dari buah kelengkeng, seperti protein, lemak, glukosa, sukrosa, karbohidrat dan phosphorous. Buah kelengkeng juga mengandung fitokimia dan senyawa penting lainnya. Berbagai nutrisi tersedia di dalam buah kelengkeng, jadi wajar bila buah ini memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan dan kesehatan.


kelengkeng

gambar kelengkeng: ottawacitizen.com

Manfaat buah Kelengkeng untuk Kecantikan Kulit dan Rambut


1. Menghambat Penuaan Dini

Buah kelengkeng kaya akan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas, penyebab kerusakan kulit. Kelengkeng memiliki sifat anti penuaan, mencegah garis hitam di wajah dan flek hitam, serta menjaga elastisitas kulit anda. Selain itu, senyawa aktif yang terdapat di dalam buahnya mampu melenyapkan bekas luka di kulit.

2. Menjaga Keindahan Rambut

Manfaat kelengkeng untuk kecantikan rambut terkait fakta bahwa biji kelengkeng mengandung saponin, zat aktif yang biasanya digunakan dalam produk shampo. Jadi, bukan buahnya yang dipakai. Simak mengenai Cara Alami Meluruskan Rambut.

3. Menurunkan Berat Badan

Buah kelengkeng termasuk buah rendah lemak dan mengandung sedikit kalori, sehingga cocok untuk anda yang sedang mengikuti program diet untuk melangsingkan tubuh.

4. Mengatasi keringat berlebihan

Senyawa penting seperti tanin dan saponin yang terdapat di dalam buah kelengkeng mampu mengurangi sekresi berlebihan, serta meredakan pendarahan.


kelengkeng

gambar: daleysfruit.com

Manfaat buah kelengkeng untuk mengobati berbagai penyakit


5. Melawan Insomnia serta meningkatkan fungsi saraf

Buah kelengkeng memiliki kemampuan dalam meningkatkan fungsi saraf, sehingga sering digunakan sebagai anti depresan. Buah ini efektif digunakan untuk melawan insomnia, kecemasan, depresi, emosi tidak stabil, serta meningkatkan daya ingat otak. Untuk mengobati gangguan saraf, sediakan 15 gram buah kelengkeng dan 6 gram kurma cina yang telah diasamkan. Kemudian keduanya dikukus dan dikonsumsi sebanyak 1 kali dalam sehari.


6. Mengobati Anemia

Buah kelengkeng kaya zat besi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah, sehingga mampu mengobati penyakit kekurangan darah atau biasa disebut sebagai anemia.

7. Mencegah Flu dan Batuk

Vitamin C yang banyak dikandung oleh buah ini punya kemampuan dalam memperbaiki sistem kekebalan tubuh, termasuk mencegah batuk, pilek dan flu.

8. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Senyawa yang dimiliki oleh buah ini mampu merangsang fungsi limpa dan hati, sehingga mencegah penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung.

9. Mencegah Osteoporosis

Buah kelengkeng mengandung kalsium yang baik untuk memperkuat tulang.

10. Mencegah Kanker

Polifenol yang dikandung buah kelengkeng, dapat mencegah kerusakan sel serta mencegah beberapa jenis kanker.

Ramuan Herbal Menggunakan Biji Kelengkeng


- Mengobati diare dan mengembalikan nafsu makan

Cukup dengan makan buah kelengkeng sebanyak 60 gram, dua kali dalam sehari.

- Mengobati Luka yang tidak lekas sembuh

3 biji kelengkeng dibakar sampai menjadi arang, kemudian ditumbuk hingga halus. Campur serbuk biji kelengkeng dengan minyak zaitun, kemudian bubuhkan di bagian kulit yang luka. Cara ini juga dapa digunakan untuk mengobati kulit gatal dan luka yang mengeluarkan nanah.

- Menghilangkan Bau Badan

Sediakan lombok hitam sebanyak 9 gram dan biji kelengkeng sebanyak 15 gram. Kedua bahan ditumbuk, kemudian oleskan pada ketiak anda.

Demikian Manfaat Buah Kelengkeng untuk kecantikan kulit, kecantikan rambut, serta untuk mengobati berbagai penyakit.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kecantikan Dan Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.