11 Makanan Yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Berbagai penyakit dapat ditimbulkan oleh efek buruk radikal bebas yang beterbangan, terutama ketika cuaca sedang tidak menentu seperti saat ini. Daya tahan tubuh perlu ditingkatkan untuk menjaga stamina yang baik, sehingga penyakit tidak mudah menyerang anda. Perlu anda ketahui bahwa kekebalan tubuh hanya dapat ditingkatkan secara alami saja. Cara pertama adalah dengan melakukan olahraga secara teratur, sedangkan cara kedua dengan konsumsi makanan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Tidak semua jenis makanan memberikan pengaruh yang baik terhadap kesehatan anda, bahkan banyak makanan yang justru memperburuk ketahanan tubuh anda. Nah, kali ini kita akan mengetahui tentang apa yang harus dikonsumsi supaya tubuh lebih tahan terhadap berbagai serangan penyakit.



sumber foto: femside.com


11 Makanan yang memperkuat daya tahan tubuh


1. Jamur

Jamur bukanlah makanan yang rendah gizi. Jamur mengandung antioksidan serta selenium, mineral penting yang mampu mencegah resiko flu. Jamur juga meningkatkan jumlah sel darah putih yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh, terkait riboflavin dan niacin yang terkandung di dalamnya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa beberapa jenis jamur seperti maitake, shitake dan reishi memiliki anti bakteri yang mampu mencegah tumor. Jamur juga kaya zinc yang bermanfaat untuk mencegah jerawat dan rambut rontok.


sumber gambar: bascianifoods.com

2. Kacang Almond

Kacang-kacangan umumnya mengandung protein, mineral dan vitamin seperti vitamin E, zinc dan omega 3. Terutama zinc, manfaatnya telah disebutkan di atas. Sering makan kacang dapat menurunkan resiko penyakit kronis.

Stres dapat menurunkan kekebalan tubuh anda. Kacang almond mengandung vitamin E yang memperkuat ketahanan tubuh dalam memerangi penyakit. Kacang almond juga kaya akan niacin, riboflavin, serta vitamin B yang membantu melawan stres.
[Penting: 16 Makanan dan Minuman Pereda Stres.]

3. Bawang Putih

Di balik rasanya yang getir dan bau menyengat, bawang putih kaya akan manfaat kesehatan. Bawang putih mengandung allicin, sebuah senyawa kuat yang mampu mematikan bakteri dan mencegah infeksi. Rempah ini memiliki anti bakteri dan anti viral yang merangsang pembentukan sel darah putih.Bumbu dapur ini juga mampu memperlancar aliran darah dan mengatur hormon tubuh. Tidak hanya itu, antioksidan tertentu di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, termasuk melawan bakteri H pylori penyebab bisul dan kanker perut. Sebelum dimasak, sebaiknya bawang putih dipotong terlebih dahulu dan bairkan selama 15 menit. Cara ini bertujuan untuk mengaktifkan enzim di dalamnya.


4. Yoghurt rendah lemak

Yoghurt merupakan susu olahan yang mengandung lactobacillus, bakteri yang mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan kanker dan infeksi.

5. Kubis

Kubis banyak mengandung glutamin, salah satu asam amino esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh. Sayuran ini mampu meningkatkan pertahanan tubuh anda.

6. Buah Berry

Strawberry dan blueberry mengandung vitamin C serta bioflavonoid yang berperan sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

Acai berry memiliki kandungan antioksidan yang disebut anthocyanin, berpotensi untuk mencegah penuaan dini dan berbagai penyakit. Ekstrak elderberry mampu melawan virus flu, serta mempercepat proses penyembuhan flu.

7. Daging Ikan

Ikan kaya akan asam lemak omega 3 yang membantu stimulasi aktifitas sel darah putih.

8. Teh

Semua jenis teh mengandung flavonoid dan polifenol yang dapat melawan penyakit yang disebabkan efek radikal bebas.

9. Bayam

Bayam mengandung folat yang berperan dalam produksi sel baru dan perbaikan DNA. Sayuran hijau ini juga kaya serat dan antioksidan seperti vitamin C.

10. Jahe

Jahe memiliki kandungan antioksidan, anti mikroba, dan mineral.

11. Gandum

Gandum mengandung beta glucan, substansi penguat kekebalan tubuh yang sering disebut immunopotentiator. Makanan ini juga mengandung antioksidan dan anti mikroba.

Demikian beberapa jenis makanan yang memiliki kemampuan tertinggi untuk melawan berbagai penyakit, terkait kandungannya yang bermanfaat untuk memperkuat imunitas tubuh.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Makanan Yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.