12 Cara Mengatasi Migrain Secara Alami Dan Tradisional

Migrain merupakan gangguan kronis berupa sakit kepala ringan hingga berat yang biasanya berkaitan dengan sistem syaraf otonom. Gangguan ini biasanya menyerang pada sebagian sisi kepala saja, selama beberapa jam ataupun hari. Penyakit ini sering disertai dengan mual, muntah, sensitif terhadap cahaya dan suara. Rasa sakit akan bertambah hebat, jika penderita migrain melakukan aktivitas fisik.

Penyebab penyakit ini ialah pelebaran pada pembuluh darah yang terletak di sekitar pelipis, serta pelepasan zat kimia tertentu oleh tubuh. Migrain dapat disebabkan oleh faktor genetik, makanan, atau lingkungan. Efek dari pemicu penyakit ini sangat variatif. Seseorang yang mengalami migrain akibat makan cokelat, belum tentu di hari lain mengalami hal yang sama. Terkait fakta ini, penderita dianjurkan untuk membuat sebuah catatan kecil mengenai beberapa makanan yang sering menyebabkan kambuhnya penyakit.


ilustrasi: inquisitr.com


Faktor yang dapat memicu migrain



Ada beberapa faktor yang sering menyebabkan penyakit ini kambuh. Di bawah ini perlu anda hindari, untuk mencegah timbulnya penyakit:

- Perubahan emosi secara mendadak

Penyebab migrain yang paling sering adalah stres, sehingga seseorang menjadi sensitif secara emosional. Tubuh dapat melepaskan hormon tertentu yang dapat memicu migrain saat gelisah, sedih, khawatir ataupun terkejut. Begitu juga ketika seseorang mengalami kegembiraan secara mendadak. Anda dapat mempelajari tentang makanan dan minuman pereda stres.

- Makanan tertentu

Beberapa jenis makanan dapat membuat penyakit kambuh, seperti keju matang, cokelat, selai kacang, minuman kafein, plum, atau makanan hasil fermentasi.

- Situasi tertentu

Pada sebagian penderita, aroma parfum yang menyengat dapat mengakibatkan migrain kambuh. Di lain kasus, cahaya kerlap-kerlip ayng terpancar dari sebuah lampu dapat memicu sakit kepala.

- Menstruasi dan menopause

Banyak wanita yang menderita migrain di masa menstruasi, ataupun menjelang menopause. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kadar esterogen yang menurun.

Cara mengatasi migrain secara alami


Hingga sekarang, belum ada obat untuk penyakit migrain yang mampu menyembuhkan penyakit ini secara tuntas. Obat yang kini beredar hanya dapat meringankan gejalanya. Cara efektif yang dapat anda lakukan adalah mengurangi frekuensi maupun tingkat keparahannya, dengan mengubah gaya hidup tidak sehat.

1. Minum Jahe hangat

Selain berfungsi untuk meredakan mual, minuman jahe memiliki kemampuan sebagai anti inflamasi yang dapat melawan efek dari prostaglandin, senyawa kimia yang dapat memicu peradangan pada pembuluh darah di otak sehingga memicu migrain.


2. Menjaga kadar serotonin

Umumnya penderita migrain memiliki kadar serotonin yang rendah. Untuk meningkatkan hormon tersebut, konsumsi makanan yang kaya protein seperti telur, susu olahan, ayam, kurma, pisang, dan kacang-kacangan.

3. Jauhi pemicu penyakit

Hindari stres, pola tidur tidak teratur, olahraga terlalu berat, aroma yang menyengat, atau nikotin yang berpotensi menyempitkan pembuluh darah di otak.

4. Istirahatkan tubuh anda

Ketika migrain menyerang, tidur dapat menjadi solusi yang baik untuk relaksasi sistem otak.

5. Penuhi asupan zat besi

Anemia dapat memicu migrain. Jika migrain yang anda derita selalu disertai dengan letih dan lesu, sebaiknya perbanyak asupan zat besi. Konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti sayuran hijau atau hati ayam.

6. Menjaga kadar gula darah

Ketika kadar gula darah mengalami penurunan, maka tubuh akan melepaskan glukosa ke dalam aliran darah. Kondisi ini menyebabkan kenaikan tekanan darah. Pilihlah makanan yang memiliki indeks glikemik rendah seperti yogurt, keju rendah lemak, serta buah-buahan dan sayuran.

7. Perbanyak asupan Magnesium

Kebutuhan akan magnesium yang tidak tercukupi bisa menyebabkan aliran darah yang menuju otak mengalami penurunan, begitu juga dengan gula darah. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung magnesium seperti tomat, kentang, biji-bijian, oat, dan kacang polong.

8. Hindari makanan yang mengandung MSG

Jauhi penggunaan bahan tambahan seperti pemanis buatan, pewarna makanan, minuman bersoda, ataupun monosodium glutamat.

9. Perbanyak minum air

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab migrain. Jaringan otak akan menyusut, ketika kekurangan asupan cairan.

10. Kurangi penggunaan ponsel

Radiasi elektromagnetik berpotensi memicu serangan migrain. Jauhkan ponsel, ketika anda tidak menggunakannya.

11. Olahraga ringan

Bagi sebagian penderita, cara ini efektif untuk meredakan stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta melancarkan peredaran darah. Jangan melakukannya secara berlebihan!

12. Cobalah Hidroterapi

Celupkan kaki anda ke dalam air dingin, kemudian tempelkan handuk hangat pada leher. Cara ini mampu memperlancar sirkulasi darah dari kepala ke kaki. Setelah itu, mandi menggunakan air hangat.

Demikian beberapa cara mengatasi migrain secara alami, tanpa menggunakan obat kimia. Jaga kondisi tubuh anda supaya tetap sehat, bugar dan terhindar dari berbagai penyakit.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

12 Cara Mengatasi Migrain Secara Alami Dan Tradisional
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.