Cara Berhenti Merokok Dengan Cepat dan Alami

Untuk menghentikan kebiasaan merokok, bukanlah sebuah hal yang mudah. Dibutuhkan sebuah keinginan yang kuat, serta motivasi tiada henti dari orang-orang di sekitar anda. Ada sebuah berita yang menggembirakan untuk perokok yang ingin berhenti melakukan kebiasaan merokok. Cara berhenti merokok yang efektif adalah dengan menggunakan lada hitam. Lada hitam merupakan sebuah rempah yang memiliki rasa dan aroma yang sangat kuat. Simak: Manfaat Lada Hitam bagi Kesehatan dan Kecantikan.

Cara Berhenti Merokok Dengan cepat Menggunakan Lada Hitam


Lada hitam mudah anda peroleh di pasar terdekat. Rempah satu ini memiliki efektifitas yang tinggi untuk menghilangkan efek ketagihan terhadap rokok. Ekstrak lada hitam yang sering digunakan dalam hal ini adalah minyak lada hitam.


manfaat lada

gambar minyak lada hitam: purearomaoils.com

Kenapa kita harus menggunakan minyak lada hitam? Minyak ini memiliki banyak antioksidan dan antibakteri. Berdasarkan hasil sebuah penelitian didapat bahwa menghirup aroma yang keluar dari minyak lada hitam selama dua menit, dapat mengurangi efek ketagihan untuk merokok. Bahkan pada beberapa orang, cara ini efektif untuk menghentikan kebiasaan merokok secara total.

Cara Berhenti Merokok Dengan Cepat dan Alami


Anda dapat mencoba cara ini di rumah. Ambil segenggam lada hitam, kemudian rebus hingga mendidih di pagi hari. Biarkan airnya dingin selama 12 jam. Sebelum anda meminum airnya di sore hari, tambahkan madu ke dalamnya. Cara menghentikan kebiasaan merokok ini sangat efektif. Bukan hanya itu, cara ini juga akan membuat tidur anda semakin berkualitas serta membuat lega pada tenggorokan dan mengobati hidung tersumbat.

Seseorang yang punya kebiasaan merokok sering berjanji kepada diri mereka untuk segera mengakhiri kebiasaannya itu. Namun, janji hanyalah janji. Seorang perokok akan menyesal ketika nafasnya habis saat berlari, tidak seperti mereka yang bukan perokok. Rasa sesal makin bertambah ketika batuk dan tenggorokan terasa gatal, sedangkan orang lain tetap sehat.

Sehebat apapun nasihat yang diberikan kepada perokok, tidak akan membuatnya jera kecuali kesadaran muncul dari diri sendiri.

Tips Untuk berhenti merokok


1. Anda harus menetapkan sebuah target

Anda bisa membuat lingkaran merah di kalender, ketika program untuk menghentikan rokok telah dimulai. Jangan berhenti merokok secara total di hari pertama, tapi lakukan secara bertahap.


merokok

foto: themotivationlife.com

2. Beritahu orang di sekitar anda

Jika teman anda tahu mengenai rencana untuk menghentikan merokok, tentu mereka akan memberi motivasi yang baik. Begitu juga dengan keluarga anda.

3. Mengatur Jadwal


Buatlah sebuah rentang waktu, misalnya tujuh hari. Jangan terlalu singkat, karena peluang untuk melakukan pelanggaran akan semakin besar. Dalam 7 hari, anda harus mampu mengurangi intensitas jumlah batang rokok yang dihisap. Jika anda gagal, jangan salahkan diri sendiri. Berusahalah terus, anda punya waktu untuk mengulangnya!

4. Jauhi pendamping rokok untuk sementara

Hindari minum kopi sambil bermain catur untuk sementara, karena dapat mendorong keinginan untuk merokok.

5. Mulailah dalam situasi yang menguntungkan

Jika anda biasa menghabiskan banyak rokok ketika sedang stres, jangan mulai menghentikan rokok pada keadaan yang sama. Awali di hari-hari yang menyenangkan. Ini akan membuat anda lebih percaya diri untuk melanjutkan tahap berikutnya.

6. Buatlah diri anda sibuk

Jangan menyendiri, pergilah keluar untuk mengalihkan keinginan merokok.

7. Minum banyak air

Air berfungsi untuk membantu menetralisir racun rokok yang ada di dalam tubuh, serta meredakan keinginan untuk merokok.

8. Perbanyak Tidur

Untuk menghentikan rokok, anda perlu tidur lebih dari biasanya. Hal ini akan mencegah keinginan untuk menghisap rokok.

9. Sibukkan Tangan Anda

Lakukan pekerjaan yang menyibukkan tangan anda. Ini akan menghindari keinginan bagi tangan untuk memegang rokok.

10. Berjalan kaki setelah makan

Hal ini akan mengalihkan keinginan untuk meraih batang rokok.

11. Cari alternatif pengganti rokok

Di hari-hari awal anda memulai berhenti merokok, kebiasaan mencari batang rokok masih melekat di fikiran anda. Ketika keinginan itu muncul, ambil permen atau camilan untuk mengalihkan perhatian anda.

12. Mencoba akupunktur

Akupunktur dapat membantu menghilangkan ketergantungan terhadap nikotin, tanpa resiko berbahaya. Akupunktur akan mengurani depresi, tekanan psikologis dan kecemasan yang disebabkan oleh nikotin selama ini.

13. Jangan Tergoda Untuk Merokok Satu Batang Saja

Meski cuma satu batang, akan menggagalkan semua rencana anda. Anda akan digiring untuk mengambil batang rokok berikutnya.


berhenti merokok

foto: changewithhypnosis.co.uk

14. Mulailah dari Sekarang

Jangan hanya membuat rencana, tanpa realitas. Lakukan mulai hari ini. Perlu komitmen dalam hal ini. Katakan Tidak, untuk Korupsi Rokok !

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Cara Berhenti Merokok Dengan Cepat dan Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.