Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan Anda

Di balik segar dan nikmat minuman bersoda, ternyata menyimpan berbagai efek buruk terhadap kesehatan. Banyak orang tidak menyadari bahwa sering konsumsi minuman bersoda dapat memicu berbagai resiko penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, diabetes, tulang rapuh, kanker prostat, kanker rahim, kanker pankreas, lemah otot, bahkan kelumpuhan. Nah, jika anda menyukai minuman ini, mungkin beberapa fakta di bawah akan menjadi sebuah pertimbangan untuk tetap minum ataukah menghentikannya.


Manfaat Minuman Bersoda yang menakjubkan


Minuman yang punya efek menyegarkan tubuh secara instan ini memiliki beberapa manfaat yang tidak dapat dipungkiri. Minuman ringan ini berfungsi sebagai pembersih noda berkarat, noda darah, korosi pada logam, dan pembasmi hama. Salah satu contoh penggunaannya, misalkan sekrup pada mesin berkarat maka anda dapat menghilangkan karatan tersebut menggunakan minuman bersoda. Hal ini disebabkan asam ortofosfat yang terkandung di dalamnya. Jadi, manfaatnya bukan sebagai minuman sehat!


ilustrasi foto: ndtvimg.com

Bahaya Minuman bersoda Bagi Kesehatan


Minuman ini berpotensi untuk mengubah tingkat protein di dalam otak, jika dikonsumsi terlalu banyak. Dalam jangka panjang mampu menyebabkan hiperaktivitas. Selain itu, zat kimia buatan di dalamnya bisa merusak otak, menurunkan daya ingat secara bertahap, serta menyebabkan kerusakan fungsi hati. Berikut efek buruk minuman bersoda terhadap kesehatan anda:

1. Meningkatkan kadar gula darah

Hormon insulin berfungsi untuk mengubah zat gula menjadi glikogen. Minuman bersoda dapat menghambat hormon insulin, sehingga menaikkan kadar gula darah. Simak artikel tentang Cara Mengobati Diabetes dengan Ramuan Tradisional

2. Merusak Ginjal dan Jantung

Minuman ini mengandung asam fosfat, pemanis dan pewarna buatan. Semua bahan tersebut berpotensi menurunkan fungsi ginjal, bahkan merusaknya. Begitu juga terhadap kesehatan jantung anda.

3. Pemicu Insomnia


Kandungan gula di dalam 1 kaleng minuman ini setara dengan 10 sendok gula, cukup untuk merusak vitamin B. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan insomnia, ketegangan saraf, pusing, kecemasan, dan otot kejang.

4. Mengganggu Sistem Pencernaan

Hindari minuman yang mengandung soda, sesudah makan. Karbondioksida yang terdapat di dalamnya dapat menghambat lambung dalam produksi enzim yang diperlukan pada sistem pencernaan. Hal ini akan mengganggu proses penyerapan makanan.

5. Melemahkan Tulang dan Gigi

Minuman ini juga mengandung asam fosfor yang dapat melemahkan tulang. Sering konsumsi minuman soda di usia pertumbuhan dapat menyebabkan tulang rapuh dan retak, disebabkan kepadatan tulang berkurang. Kondisi ini berpotensi untuk menyebakan osteoporosis dan radang sendi. Asam di dalamnya berpotensi untuk merusak lapisan pelindung gigi. Konsumsi minuman soda secara berlebihan bisa menyebabkan gigi rapuh.

6. Meningkatkan Resiko Kanker Prostat

Minum segelas soda dalam sehari dapat meningkatkan resiko perkembangan kanker prostat sebesar 40 persen.

7. Meningkatkan Asam Lambung

Kafein yang terkandung di dalamnya dapat memacu detak jantung, menaikkan tekanan darah, meningkatkan kadar gula darah, menaikkan asam lambung, serta menyebabkan peradangan dan luka pada usus 12 jari.

8. Menghilangkan nafsu makan

Minuman soda tidak mengandung gizi apapun, hanya kalori, gula dan kafein. Perut anda akan terasa penuh, tanpa memperoleh manfaat apapun. Tidak ada mineral ataupun nutrisi lain.

9. Dapat menyebabkan dehidrasi

Konsumsi minuman ini akan meingkatkan produksi urin. Anda harus minum air putih, agar tubuh tetap terhidrasi.

10. Merugikan Kesehatan Otak

Minuman ini mengandung Aspartam yang bisa menyebabkan pengerasan otak ataupun sumsum tulang belakang. Aspartam merupakan zat pengganti gula yang dapat memicu kerusakan saraf optik dan kebutaan. Banyak kasus akibat keracunan aspartam seperti pingsan, kelelahan, sakit kepala, mual, pusing, jantung berdebar, berat badan naik, lekas marah, kehilangan daya ingat, penglihatan kabur, nyeri sendi, depresi, kecemasan, kerusakan sistem pendengaran, menurunkan kesuburan dan lain-lain. Aspartam dapat juga memicu tumor otak.

Demikian efek buruk minuman bersoda terhadap kesehatan anda. Jika anda terpaksa ingin meminumnya, sebaiknya minumlah air putih atau minuman sehat seperti susu rendah lemak ataupun jus buah. Berhenti konsumsi minuman ini secara tiba-tiba dapat menyebabkan kepala pusing, akibat dari efek ketagihan. Cara untuk meredakannya dengan minum teh hijau secara teratur di pagi hari.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan Anda
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.