Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol Jahat

Kolesterol merupakan senyawa lunak (lipid) yang memiliki fungsi dalam tubuh, namun dapat menyebabkan gangguan kesehatan jika kadarnya berlebih. Senyawa ini diproduksi di dalam hati. Manfaat kolesterol bagi tubuh antara lain sebagai pelindung kulit dari racun dan kekeringan, penyusun struktur di membran sel, pembentuk asam empedu di usus, dan bersama UV membentuk vitamin D. Namun, kadar yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gagal ginjal, stroke, serangan jantung, terkena resiko penyakit Alzheimer, dan gangguan kekuatan pria.

Makanan Penurun Kolesterol Jahat

Mengingat betapa bahayanya kolesterol yang berlebih, kontrol terhadap menu makanan sehari-hari perlu anda perhatikan. Faktor yang sangat menentukan dalam hal ini adalah gaya hidup dan pola makan. Penuhi gizi seimbang dan lakukan olahraga secara teratur adalah cara terbaik untuk menghindari kolesterol jahat berlebih. [Lainnya: Cara Mengobati Diabetes dengan Ramuan Alami]


Kolesterol
photo: myheart.net

Berikut beberapa makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh:

1. Delima

Buah delima efektif untuk mengurangi penimbunan plak kolesterol dan meningkatkan produksi oksida nitrat yang dapat mengurangi plak di arteri.

2. Bawang putih

Bawang putih sangat efektif untuk melindungi jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Untuk menurunkan kolesterol, anda sebaiknya makan sesiung bawang putih tiap hari. Terutama, bawang putih mentah.


3. Alpukat

Alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang dapat menyebabkan kenaikan kadar kolesterol baik (HDL) dan penurun kolesterol jahat. Alpukat mengandung lemak nabati yang mampu mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan. Namun jangan terlalu sering makan buah ini, karena tinggi kalori dan lemak.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kenari, dan almond mengandung lemak omega-3 dan antioksidan yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat. Sebaiknya mengkonsumsinya tanpa gula atau garam. Kacang panjang juga mampu menghambat penyerapan kolesterol dari makanan tertentu.

5. Gandum

Seperti pada kacang-kacangan, gandum juga kaya akan serat. Jenis makanan ini mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat. Efektivitasnya tidak jauh beda dengan apel, buah pir, dan pisang.

6. Buah Anggur merah

Sebuah penelitian di Spanyol menemukan bahwa dengan rutin mengkonsumsi buah anggur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 12%.

7. Tahu dan Tempe (Kedelai olahan)

Selain sebagai sumber protein, kedelai olahan juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

8. Ikan Salmon

Beberapa jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti tuna, salmon, sarden dan ikan kembung mampu menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, makanan yang mengandung omega-3 juga baik untuk mencegah pembekuan darah dan serangan jantung.

9. Buah Zaitun

Buah Zaitun sangat kaya akan manfaat. Zaitun mengandung atioksidan hydroxytyrosol, vitamin E, dan asam lemak tak jenuh yang menurunkan kolesterol jahat, tanpa mengurangi kolesterol baik. Buah zaitun juga baik untuk jantung.

10. Buah Tomat

Mengkonsumsi jus tomat sebanyak 2 gelas setiap hari juga dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

11. Yoghurt bebas lemak

Selain kaya akan protein dan kalsium, minuman ini mengandung mikroorganisme Lactobacillus yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

12. Teh hitam

Penurun kadar kolesterol lainnya adalah teh hitam. Selain menurunkan kolesterol, minuman ini bermanfaat untuk mencegah kanker.


Jus Delima

hearnkirkwood.com

Demikian beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita. Perlu diperhatikan untuk senantiasa mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran hijau. Hindari gaya hidup yang salah, merokok dan minuman keras. Jangan abaikan hal penting yaitu olahraga. Rajin berolahraga tiap hari sangat baik untuk menjaga kesehatan, termasuk menjaga kadar kolesterol tubuh.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol Jahat
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.