16 Ramuan Tradisional Menggunakan Lengkuas

Lengkuas atau biasa disebut laos merupakan umbi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Rimpang pada lengkuas banyak mengandung senyawa penting. Rimpang pada lengkuas mengandung minyak atsiri, kamfer, dan zat penting lainnya. Lengkuas mudah dikenali karena baunya yang khas, identik dengan bumbu masakan. Demikian pula warna kemerahan pada lengkuas, membedakannya dari jahe atau kunyit. Lengkuas dengan rimpang berwarna merah ukurannya lebih besar dibandingkan lengkuas rimpang putih. Demikian pula khasiatnya lebih banyak.

Lengkuas merah telah dikenal sebagai obat tradisional karena sifat anti-jamur dan anti-kembung. Baca artikel sebelumnya tentang Ramuan Tradisional Menggunakan Kunyit.



Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan anda
flickr.com - by Nelindah



Khasiat dan Manfaat Lengkuas bagi Kesehatan


1. Mengobati berbagai penyakit kulit

Untuk mengobati kurap, tumbuk lengkuas dan bawang putih hingga halus. Tempel ke kulit yang terkena kurap. Sedangkan untuk panu, cacah lengkuas hingga keluar seratnya kemudian tambahkan sedikit cuka. Oles ke kulit yang terkena panu.

2. Obat tetes telinga

Tumbuk lengkuas yang masih muda, lalu peras. Teteskan ke telinga sebagai obat alami bagi penyakit telinga.

3. Mengobati  Rematik

Rebus lengkuas ke dalam air. Gunakan air rebusan tadi untuk mandi. Cara kedua yaitu dengan mencampur cabe dengan lengkuas yang telah dikupas. Lumatkan keduanya, lalu tambahkan nasi yang telah kering. Tempelkan ke bagian yang bermasalah.

4. Pembangkit selera makan


Siapkan 150 gr lengkuas dan 2500 cc air. Cuci rimpang lengkuas, parut kemudian rebus ke dalam air. Biarkan mendidih hingga air tersisa setengah dari semula. Tambahkan 50 gr gula aren, kemudian saring. Minum sebanyak 1 sdm ramuan tersebut setiap pagi, siang dan malam hari.


5. Mengobati  Batuk rejan

Ambil lengkuas, kayu manis, dan bawang merah yang telah dipanggang sebelumnya. Tumbuk hingga halus, kemudian peras. Minum ramuan tersebut.

6. Alergi terhadap ikan laut

Memarkan lengkuas, kemudian seduh layaknya teh. Minum tiap hari.

7. Mengobati encok

Haluskan rimpang lengkuas dengan cara ditumbuk. Tambahkan minyak kelapa dan abu dapur, kemudian aduk. Oleskan ke bagian tubuh yang terasa sakit.

8. Obat alami bagi Anemia

Lengkuas diparut, tambahkan gula kemudian rebus hingga mendidih. Minum ramuan tersebut dalam keadaan dingin secara rutin.

9. Mengatasi gangguan perut

Lengkuas diiris tipis (dirajang), rebus ke dalam air hingga berkurang sepertiga bagian. Minum sebelum makan.

10. Menghilangkan Bercak di kulit

Haluskan 2 rimpang lengkuas dengan cara digiling. Tambahkan 1 sdm cuka. Oleskan pasta tersebut ke kulit yang bermasalah. Lakukan cara tersebut hingga bercak di kulit hilang.

11. Demam diikuti pembengkakan limpa.

Cuci 2 rimpang lengkuas hingga bersih. Parut, kemudian peras untuk mendapatkan airnya. Tambahkan sedikit garam untuk dicampur dengannya. Minum ramuan tersebut untuk meredakan demam anda.


Ramuan Tradisional Menggunakan Lengkuas


12. Perawatan saat Nifas

Cuci 3 rimpang lengkuas muda, kemudian potong-potong. Setelah direbus, anda bisa meminumnya.

13. Mengobati Bronkhitis

Cuci sepotong lengkuas, kemudian parut. Tambahkan setengah gelas air matang dan 2 sdm madu, kemudian peras dan saring. Minum ramuan ini sebanyak 3 kali setiap hari.

14. Masuk angin

Parut 2 potong lengkuas lalu campur dengan 3 sdm madu. Peras dan saring untuk mendapatkan airnya. Minum sebanyak 2 sdm.

15. Diare

Parut ¾ rimpang lengkuas, tambahkan ½ cangkir air matang dan 1 sdm madu. Peras dan saring, kemudian minum.

16. Obat kuat (aprodisiak)

Siapkan 2 potong lengkuas merah, 2 potong jahe merah, dan 3 gram bubuk merica hitam. Rebus semua bahan tersebut ke dalam 4 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa 3 gelas. Minum obat kuat alami ini 3 kali dalam sehari. Jangan lupa untuk menambahkan madu, tiap meminumnya.


Demikian tips kali ini. Pelajari Ramuan Tradisional Menggunakan Temulawak yang tak kalah ampuh.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

16 Ramuan Tradisional Menggunakan Lengkuas
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.