Makanan Penyebab dan Pereda Asam Lambung

Bagi anda yang pernah mengalami kenaikan asam lambung, tentu ingat rasa sesak di perut dan sangat tidak nyaman. Gejala umum asam lambung adalah bagian atas perut terasa sesak dan kaku. Ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu kenaikan asam lambung. Jadi, anda perlu memperhatikan makanan yang baik bagi kesehatan, dalam menu harian anda. Mengkonsumsi makanan secara proporsional adalah cara cerdas untuk menjaga kesehatan tubuh.



Photo: beautyhealthtips.in


Makanan Penyebab Asam Lambung


Ada beberapa makanan mengandung kadar asam yang tinggi. Jika anda merasakan perih pada perut Khususnya di bawah tulang dada, hindari makanan berikut:

1. Buah Jeruk

Buah Jeruk memang kaya akan Vitamin C, namun memiliki sifat asam. Hindari makan buah ini saat perut kosong untuk menghindari kenaikan kadar asam lambung.


2. Tomat

Sama seperti jeruk, buah tomat juga bersifat sangat asam. Bedanya dengan jeruk, tomat lebih lambat dalam menaikkan kadar asam lambung.

3. Bawang

Bumbu dapur ini dapat juga menyebabkan kenaikan kadar asam lambung.

4. Makanan berlemak

Makanan berlemak menyebabkan pengosongan pada lambung berjalan lambat. Ini dapat mengakibatkan asam lambung naik.

5. Makanan Pedas

Tidak beda dibandingkan dengan makanan asam, makanan pedas juga perlu dihindari supaya asam lambung tidak naik.

6. Kopi

Kafein pada kopi dapat memicu peningkatan kadar asam lambung. Kurangi minum kopi, apalagi saat perut mulai terasa tidak nyaman.

7. Cokelat

Cokelat dapat menyebabkan relaksasi otot pada lambung. Jauhi coklat ketika lambung terasa tidak nyaman.

8. Buah Anggur

Meskipun kaya akan vitamin, buah anggur memiliki kadar asam yang sangat tinggi seperti halnya minuman keras.

9. Minuman berkarbon

Tidak jauh beda dengan makanan berlemak. Jadi, hindari minuman ini.

Hindari makanan dan minuman di atas, jika anda ingin asam lambung tidak berlanjut menjadi kronis.


lambung

Photo: myfrienddebbie.com


Makanan Untuk Mengobati Asam Lambung


Kebalikan dari efek mengkonsumsi makanan di atas, berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat mencegah dan mengobati asam lambung:

Jahe

Jahe memiliki peranan penting dalam kesehatan tubuh, terkait sifat anti inflamasi yang dikandung olehnya. Gangguan pada pencernaan dapat diobati dengan mengkonsumsi jahe.
[Baca: Ramuan Tradisional Menggunakan Jahe Untuk Kesehatan Tubuh ]Gandum

Gandum adalah jenis makanan terbaik untuk menurunkan asam lambung anda.

Teh chamomile

Teh herbal ini sangat efektif untuk mencegah kenaikan asam lambung. Cobalah untuk minum secangkir teh herbal hangat di pagi hari.

Demikian beberapa jenis makanan dan minuman pencegah naiknya asam lambung. Saat asam lambung naik, cobalah mengkonsumsi makanan tersebut supaya lambung membaik.

Pasca penyembuhan penyakit mag, anda bisa mengkonsumsi makanan berikut supaya kesehatan lambung pulih.

1. Lidah Buaya

Meskipun anda telah sembuh dari penyakit mag, biasanya ada luka pada saluran pencernaan. Untuk mengobati luka tersebut, lidah buaya dapat digunakan sebagai bahan alami untuk memulihkannya. Dengan teratur mengkonsumsi lidah buaya tiap hari, luka di saluran pencernaan bisa disembuhkan.

2. Kunyit

Kunyit memiliki sifat antiseptik dan antibakteri alami, sehingga membantu memperbaiki sel yang rusak. Inilah alasan kenapa kunyit bisa menyembuhkan luka pada lambung, pasca penyembuhan penyakit mag. Minumlah ramuan tradisional dengan menggunakan kunyit. Parut kunyit secukupnya, tambahkan air hangat kemudian peras. Campur dengan madu atau gula aren. Minum secara rutin untuk menyembuhkan luka di lambung.

3. Melon

Selain untuk mengurangi efek penuaan, kolagen pada melon juga mempercepat penyembuhan luka pasca penyembuhan penyakit mag.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Makanan Penyebab dan Pereda Asam Lambung
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.