16 Tips Menambah Berat Badan yang Benar

Setiap orang berharap memiliki tubuh proporsional. Seseorang yang bertubuh pendek ingin tubuhnya bertambah tinggi, maka ia mencari cara untuk meninggikan tubuh. Seorang yang bertubuh gemuk berharap memiliki tubuh langsing, maka ia mencari cara untuk melangsingkan tubuh. Begitu pula seorang yang bertubuh kurus berusaha menambah berat badannya. Ternyata banyak sekali masalah yang dihadapi tiap orang terkait dengan kondisi tubuh mereka. Sebenarnya hal ini sangat terkait dengan kesehatan tubuh. Masalahnya bukan pada kurus atau gemuk, tapi sehat atau tidak.

Baiklah, agar program menambah berat badan sukses, anda harus melakukan sedikit penelitian terhadap diri anda sendiri. Masalah berat badan bukan sekedar disebabkan oleh asupan makanan harian, namun ini juga sangat terkait dengan faktor lain.


Menambah Berat Badan Secara Alami
sumber gambar: idiva.com

Untuk menambah berat badan anda, silahkan koreksi kondisi kesehatan dan gaya hidup anda. Berikut ini Tips Menambah Berat Badan yang benar. Sesuaikan dengan kondisi kesehatan anda.

Faktor Keturunan ikut menentukan bentuk tubuh anda

Seseorang memiliki tubuh terlalu kurus kadang disebabkan oleh faktor keturunan. Perhatikan bentuk tubuh orang tua, kakek, atau nenek anda. Jika mereka bertubuh kurus, anda pun cenderung memiliki tubuh kurus. Faktor genetik bisa berpengaruh terhadap tubuh sekitar 33%.

Penyakit Tertentu dapat menghambat penambahan berat badan

Kesulitan Menaikkan Berat badan dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti Asma, TBC, penyakit Gula Darah, kanker, gangguan pada Tiroid, gangguan saluran pencernaan, dll. Anda perlu melakukan koordinasi dengan dokter anda, untuk masalah di atas. Intinya, obati penyakit anda. Sehebat apapun usaha anda menaikkan berat badan akan menjadi sia-sia, jika masih mengidap penyakit di atas.


16 Tips Menambah Berat Badan yang Benar


1. Pola makan harus benar


Asupan makanan pada menu harian anda harus lengkap kandungan Nutrisinya. Bagi anda yang bertubuh kurus, lengkapi nutrisi harian anda dengan konsumsi makanan yang kaya protein, lemak, karbohidrat, daging, telur, keju, dan susu. Pilihlan lemak sehat. Agar program penambahan berat badan sukses, buat jadwal makan. Patuhi jadwal yang anda buat.

2. Olahraga secara rutin

Dengan berolahraga menyebabkan tubuh mengeluarkan energi. Energi yang keluar tersebut harus diganti dengan asupan makanan. Seseorang dapat mengembalikan selera makannya setelah ia mengalami keletihan. Rasa lapar sangat anda butuhkan untuk menunjang program penambahan berat badan. Otot-otot tubuh pun semakin bagus akibat berolahraga. Lakukan secara rutin, minimal 3 kali dalam seminggu.

3. Berhenti Merokok

Sebuah Studi di Amerika mengungkapkan bahwa neuron yang terletak di bagian otak dapat diaktifkan oleh nikotin yang terkandung pada sebatang rokok. Sistem syaraf ini berfungsi untuk menahan selera makan.

4. Mengunyah makanan hingga lembut

Menelan makanan yang dikunyah hingga lembut membuat proses pencernaan menjadi lancar. Gigi merupakan alat terbaik pencerna makanan. Begitu pula dengan enzim di mulut yang membantu proses pencernaan sehingga berlangsung lancar. Kunyah hingga lembut makanan anda, agar penyerapan nutrisi makanan optimal.

5. Jangan tunda Sarapan

Sering menunda sarapan membuat anda makin banyak makan siang. Dianjurkan untuk sarapan dengan makanan yang kaya protein dan nutrisi, seperti telur, susu, jus segar, roti, buah-buahan, dan sayuran.

6. Ekstra lemak

Pilihlah lemak sehat untuk men-suplai kalori tubuh seperti minyak zaitun, alpukat, minyak kelapa, kacang-kacangan, salmon, tuna, dll.

7. Konsumsi Minuman berkalori

Bukan minuman bersoda, melainkan Jus buah atau susu segar. Madu dan mnuman suplemen juga bagus untuk dikonsumsi.

8. Sertai dengan Makanan penutup

Asupan gula yang terlalu banyak buruk untuk kesehatan. Namun tidak salah, jika sesekali menyantap es krim, biskuit, dan kue manis setelah makan utama.


Tips Menambah Berat Badan yang Kurus


9. Cukup Waktu Tidur

Kebanyakan tidur membuat anda sulit untuk menambah Berat Badan. Bagi anda yang biasa tidur terlalu lama, kurangi waktu tidur anda. Namun jangan tidur terlalu singkat, usahakan tidak kurang dari 6 jam. Kurang tidur juga dapat menyebabkan stres. Saat stres, sebagian orang makan dalam jumlah banyak.  Hal ini juga memicu kenaikan kadar suatu hormon yang berakibat berat badan naik. Begitu pula terlalu lama tidur menyebabkan anda banyak makan di malam hari, saat proses metabolisme berjalan lambat. Asupan makanan yang masuk ke tubuh lebih banyak tertimbun menjadi lemak. Jadi, tidurlah dengan waktu yang cukup. Jangan Begadang, kecuali benar-benar diperlukan. Misalnya untuk menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pekerjaan anda.

10. Jangan Bekerja keras

Pekerjaan yang berat seringkali membuat seseorang melalaikan waktu makan. Kadang juga mempengaruhi kesehatan anda, sehingga berat tubuh berangsur-angsur menurun. Luangkan waktu untuk menyantap makanan anda saat bekerja.

11. Penuhi porsi minum dalam jumlah cukup

Minumlah air sekitar 8 gelas per hari agar cairan dalam tubuh tercukupi. Hal itu untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Sistem pencernaan yang lancar mengakibatkan penyerapan nutrisi makanan berjalan baik sehingga suplai ke sel tubuh pun optimal.

12. Perbanyak camilan

Penuhi kebutuhan karbohidrat dengan menyediakan camilan di dekat anda. Karbohidrat diubah menjadi energi, sisanya disimpan sebagai lemak. Meski demikian, pilih camilan dengan kadar nutrisi yang sesuai. Anda bisa memilih camilan sehat seperti roti tawar, keju, sereal yang kaya nutrisi, biskuit gandum, dan yogurt.

13. Berhenti Minum kopi

Kopi dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan menahan rasa lapar. Asam lambung pun bisa meningkat lantaran minum kopi. Hal ini dapat menghilangkan selera makan.

14. Hindari Depresi

Banyak orang kehilangan selera makan gara-gara depresi. Hal ini biasa dialami oleh remaja. Patah hati membuat mereka sering melamun dan malas makan. Perbanyak komunikasi dengan sahabat anda, dan minta nasihat kepada para ulama agar hati anda tenang.

15. Makan bersama keluarga

Meningkatkan selera makan dapat dilakukan dengan makan bersama orang lain. Terutama keluarga, karena mereka dekat dengan kita. Melihat orang lain makan secara lahap terkadang memicu selera makan kita.

16. Multivitamin untuk menaikkan selera makan

Selera makan dapat turun karena kekurangan Vitamin B Kompleks. Curcuma juga baik untuk menaikkan selera makan anda.

Jika anda telah melakukan semua hal di atas namun tetap kurus, jangan menyerah. Terus berusaha dan bersyukur dengan kesehatan anda saat ini. Cara di atas sebenarnya sudah cukup bagi anda yang bebas dari penyakit tertentu. Namun perlu dicamkan bahwa tubuh kurus tidak selamanya jelek.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

16 Tips Menambah Berat Badan yang Benar
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.