17 Cara Mengobati Asma Secara Alami

Banyak para penderita Asma menggunakan alat bantu untuk pernafasan yang disebut Inheler. Tapi kali ini kita akan bahas tentang Cara alami untuk mengobati Asma. Umumnya penderita asma sangat sensitif terhadap debu maupun udara dingin. Masalah yang diderita oleh orang yang terkena Asma adalah sulit bernafas dan rasa sesak di dada. Saat bernafas pun terdengar bunyi ‘ngik’. Penderita Asma sering batuk saat bernafas. [Baca: Obat Alami Untuk Semua Jenis Batuk ]

17 Cara Mengobati Asma Secara Alami


1. Obat Alami Untuk Asma menggunakan Alpukat

Kadar tinggi l-glutathione pada Alpukat berperan dalam mengeluarkan racun pada tubuh, melawan radikal bebas, menyehatkan usus. Semua itu sangat terkait dengan sistem pertahanan tubuh terhadap Asma.

2. Obat Alami Untuk Asma menggunakan Kubis

Bukan hanya sebagai sumber Vitamin C, Kubis juga memiliki kemampuan yang tidak terdapat pada sayuran lainnya. Kubis berkhasiat sebagai benteng bagi tubuh terhadap radikal bebas, dan fungsi kontraksi otot polos pada saluran nafas. Demikian juga dengan antioksidan pada Kubis bermanfaat untuk mencegah Asma.

3. Obat Tradisional Untuk Asma menggunakan Bayam

Dengan sering mengkonsumsi bayam dapat menghindari resiko terkena Asma. Hal ini terkait kandungan vitamin E, Vitamin C, magnesium, dan Beta-karoten pada Bayam.


Obat Alami Untuk Mengobati Penyakit Asma


4. Pisang menurunkan Resiko terkena Asma


Beberapa penelitian di London menyimpulkan bahwa dengan rutin makan pisang dapat mencegah seseorang terserang Asma.

5. Konsumsi Air sesuai kebutuhan tubuh

Asma dapat dipicu oleh dehidrasi. Minumlah air agar gejala Asma tidak berkembang. Umumnya gejala asma dimulai dengan kekurangan air pada tubuh.

6. Jahe sebagai Obat Alami untuk Asma

Jahe merupakan obat yang manjur untuk asma, terlebih jika ditambahkan obat anti-histamin untuk membersihkan saluran nafas dan menanggulangi peradangan. Antioksidan pada Jahe sangat aman bagi tubuh. Jahe sangat baik dikonsumsi setiap hari.

7. Konsumsi Kunyit agar Asma tidak kambuh

Peradangan pada paru-paru bisa terjadi saat asma menyerang, begitu juga kontraksi pada saluran nafas. Kunyit mengandung zat yang bersifat anti-inflamasi berkhasiat mengatasi masalah tersebut. Zat tersebut mampu mengendurkan otot dan melebarkan pembuluh darah.

8. Cegah Resiko Asma menggunakan Apel

Kandungan quersetin pada Apel membentengi tubuh dari asma. Sebuah studi di Eropa menemukan penurunan resiko terjangkit Asma pada bayi yang ibunya rajin makan apel setiap hari.

9. Atasi Sesak Nafas saat Asma Menyerang menggunakan Kopi

Minum kopi hangat ketika asma menyerang dapat meredakan rasa sakit akibat sesak nafas. Kopi juga berkhasiat untuk membuka saluran pernafasan.

10. Minyak Kayu Putih

Segera hirup minyak kayu putih saat gejala asma mulai menyerang karena aromanya dapat membuat syaraf menjadi tenang. Dengan cara ini dapat mencegah Asma kambuh kembali.

11. Atasi serangan Asma menggunakan Jus Kemangi

Tambahkan madu ke dalam Jus kemangi. Dengan ramuan ini dapat menormalkan pernafasan yang terganggu akibat Asma.


17 Cara Mengobati Asma Secara Alami

sumber foto: idiva.com


Mengobati Asma secara Alami dan Tradisional


Selain cara di atas, untuk mengatasi Asma Perhatikan berikut ini:

12. Jangan panik ketika Asma kambuh

Ketika Asma kambuh jangan panik. Panik hanya membuat sirkulasi nafas semakin buruk. Hirup udara dari hidung, dan keluarkan lewat mulut secara tenang. Ini akan membantu kondisi anda lebih baik.

13. Hindari berada di lokasi yang sesak dan berdebu

Saat asma datang, segera lah menuju ke tempat terbuka agar mudah untuk bernafas. Begitu pula dengan udara dingin. Pindah ke tempat yang lebih hangat.

14. Kendalikan Stres

Stres bisa mengakibatkan kondisi penderita Asma semakin buruk. Anda bisa mencoba pijat, olahraga teratur, atau menghadiri majelis taklim agar stres hilang.

15. Latihan Aerobik

Jalan kaki saat pagi hari sangat baik untuk kesehatan anda. Namun perlu diperhatikan untuk tidak berlebihan. Kelelahan bisa memicu kambuhnya Asma. Konsultasikan hal ini dengan dokter anda.

16. Jagalah kebersihan Rumah

Bersihkan tempat-tempat yang lembab dan mudah tumbuh jamur. Aturlah ventilasi agar terjadi pergantian udara secara teratur. Hal ini membantu kenyamanan saat bernafas.

17. Hindari pemakaian Alat Penyemprot insektisida

Gunakan cara lain untuk mengusir nyamuk. Daun pepaya dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengusir nyamuk. Remas daun pepaya, lalu taruh di mangkuk.

Konsumsi makanan yang mengandung Vitamin C, Vitamin A, b12, b6, e, dan omega-3.
Makanan yang kaya nutrisi sangat membantu sistem kekebalan tubuh dan mengurangi sakit saat asma kambuh.

Demikian Cara mencegah maupun mengatasi Asma. Lakukan yang terbaik bagi kesehatan anda, dan konsultasi dengan dokter anda.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

17 Cara Mengobati Asma Secara Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.