8 Cara Alami Menghapus Uban Tanpa Resiko

Salah satu pertanda bahwa seseorang sudah cukup tua adalah rambut ditumbuhi banyak uban, namun hal ini bukanlah sebuah kepastian. Tidak sedikit anak muda yang rambutnya sudah banyak uban. Jangan terlalu heran dengan uban yang tumbuh pada kepala anak kecil, karena banyak faktor penyebabnya, seperti berikut ini:

Umur seseorang

Menurut seorang ahli dermatologi, rambut mengalami siklus setiap tiga sampai enam tahun. Rambut yang tumbuh pada setiap siklus akan mengalami perubahan pada pigmennya. Uban rata – rata muncul pada siklus ke tujuh. Namun pada usia 9 tahun, uban bisa tumbuh pada kepala seseorang.

Faktor Genetik

Warna rambut juga dipengaruhi oleh faktor keturunan. Jika rambut orang tua anda telah tumbuh uban di usia muda, anda pun cenderung menirunya. Rambut seseorang yang kehilangan pigmen sangat terkait dengan faktor genetik pada dirinya. Warna hitam pekat pada rambut seseorang menyebabkan rambut lebih awal dipenuhi dengan uban dibandingkan dengan rambut yang berwarna pirang.

[ Baca: Ramuan Alami Untuk Memulihkan Rambut Rontok ]

Merokok

Beberapa Penelitian menunjukkan hubungan kuat antara merokok dan tumbuhnya uban. Radikal bebas diproduksi pada diri seseorang akibat merokok. Asap rokok tidak hanya menjadi penyebab gigi rusak dan kulit keriput, namun juga dapat memicu terjadinya uban.

Stres

Stres dapat mengakibatkan perubahan pigmen pada rambut dalam suatu siklus. Hal ini mungkin tejadi karena peredaran darah yang tidak lancar.

Itulah beberapa penyebab terjadinya uban di kepala. Mungkin ada penyebab lain yang tidak tercantum pada uraian di atas. Pertanyaannya, Bagaimana mengatasi rambut yang banyak uban dengan cara alami? Simak tips di bawah ini:


cara mengatasi uban


8 Cara Menghilangkan Uban Tanpa Resiko


1. Minyak Kelapa


Campurkan air jeruk nipis dengan minyak kelapa, lalu usapkan pada rambut yang ditumbuhi uban. Diamkan selama seperempat jam, kemudian keramas hingga bersih.

2. Minyak Kemiri

Sangrai kemiri secukupnya kemudian tumbuk untuk diambil minyaknya. Usapkan minyak kemiri ke rambut yang ditumbuhi uban, biarkan selama ¼ jam. Keramas dengan air bersih.

3. Yoghurt Pahit

100 Gram Yoghurt tawar dicampur dengan 1 Gram Kopi Bubuk atau Lada Hitam, oleskan ke rambut serta kulit kepala secara lembut. Setelah 1 jam, keramas menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin seminggu sekali. Cara ini juga membuat rambut bebas ketombe dan bersinar. Lada hitam berkhasiat untuk menghitamkan rambut, sedangkan kopi bagus untuk pigmen rambut.

4. Usaplah Rambut menggunakan Kuku

Untuk cara ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah, namun sering dilakukan oleh suku indian. Cara melakukannya adalah dengan melipat kedua telapak tangan ke arah dalam, lalu dekatkan kedua sisi kuku, gesek cepat dan berulang – ulang. Konon hal ini bisa melancarkan peredaran darah ke kepala, akar rambut pun jadi kuat dan warna rambut jadi hitam.


[ Baca: Cara Alami Memperbaiki Rambut Bercabang ]

5. Jus Labu

Rambut akan menjadi semakin tebal, sehat dan berkilau dengan pemakaian jus labu yang telah dicampur dengan minyak zaitun atau minyak wijen. Hal ini juga mencegah terjadinya uban pada rambut.

6. Daun Teh

Cara lain untuk menghilangkan uban adalah menggunakan daun teh. Buatlah teh tanpa gula, saring dan ambil daunnya lalu tambahkan 1 sdm garam. Taruh daun tadi pada kepala anda selama 1 jam, lalu keramas. Lakukan hal ini selama seminggu untuk menghapus uban dari rambut anda.

7. Mengkonsumsi makanan Protein Tinggi

Rambut akan bersinar dengan mengkonsumsi Makanan Protein tinggi, seperti; kacang, gandum, daging, ayam, dan ikan. Begitu pula Vitamin A, B seng, dan mineral Besi sangat baik untuk menghilangkan uban. Lengkapi gizi yang diperlukan oleh rambut dengan mengkonsumsi kubis, hati, almond, daging sapi dan sebagainya.

8. Sering Makan Kepiting

Dengan mengkonsumsi makanan yang bayak mengandung tembaga dapat mencegah timbulnya uban pada rambut. Uban bisa muncul karena kekurangan tembaga, sehingga produksi melanin pada tubuh turun.

Itulah beberapa cara alami untuk menghilangkan uban pada rambut. Anda bisa mencoba salah satu cara di atas atau beberapa di antaranya. Namun perlu diingat, bahwa uban adalah pemberian dan Karunia dari Sang Maha Pencipta, yang tidak seharusnya kita musuhi. Boleh saja anda mengubah warna rambut anda dengan pewarna rambut, namun sebaiknya berbeda dengan warna asli rambut anda.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

8 Cara Alami Menghapus Uban Tanpa Resiko
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.