10 Ramuan Alami Untuk Memulihkan Rambut Rontok

Perubahan waktu menyebabkan seseorang semakin tua, rambut pun kian menipis. Ini diakibatkan oleh rambut rontok saat menyisirnya. Berbagai upaya perawatan rambut mungkin telah dilakukan, namun apakah anda pernah mencoba menggunakan ramuan alami? Jika anda belum pernah mencobanya, ada baiknya mulai menggunakan ramuan warisan tradisional ini.

Berita bagusnya adalah anda tidak perlu perlu mengeluarkan biaya mahal untuk membuat ramuan ini. Siapkan saja bahan – bahan berupa lidah buaya, teh, pisang, kelapa hijau, bayam, daun kacang panjang, daun urang-aring, buah lerak, dan buah nyamplung. Artikel lainnya membahas tentang Cara Alami Memanjangkan Rambut.

Sebelum Membuat Ramuan, Perlu Kita ketahui Penyebab Kerontokan Rambut
Kerontokan pada rambut bisa disebabkan oleh suatu faktor tertentu. Namun, bisa juga dikarenakan oleh beberapa faktor sekaligus, antara lain:


  • Baru saja sembuh dari satu atau beberapa penyakit kronis seperti kencing nanah, sifilis, tifus, malaria, dan sebagainya.
  • Setelah melahirkan bayi.
  • Mengalami gangguan kejiwaan dalam waktu lama.
  • Menggunakan obat–obatan kimia yang bertentangan (kontraproduktif) dengan pertumbuhan rambut.
  • Penggunaan Bahan Pencuci Rambut (sampo) maupun minyak rambut yang tidak seharusnya.
  • Tidak lancarnya Peredaran darah di area kepala, sehingga kulit kepala tidak sehat.


ramuan alami, rambut rontok


10 Ramuan Alami Untuk Memulihkan Rambut Rontok


Saatnya membuat ramuan serta cara menggunakannya

1. Bayam

Selain kalium, bayam ternyata juga mengandung vitamin A, B1, dan C, fosfor, protein, lemak, dan besi.

Ramuan:
Ambil segenggam bayam lalu cucilah. Setelah itu giling bayam tersebut sampai halus. Beri air hangat sekitar satu gelas, lalu peras dan saring. Anda bisa menambahkan madu agar lebih enak rasanya. Minum ramuan ini tiga kali dalam sehari.

2. Daun Kacang Panjang


Daun kacang panjang (Vigna sinensis) berbentuk segitiga, bisa dimanfaatkan untuk pengobatan alami. Daun kacang panjang mengandung vitamin B1, B2, dan C, zat – zat protein, fosfor, kalsium, besi, belerang, niasin, magnesium, dan mangan.

Ramuan:
Ambil segenggam daun kacang panjang, cuci bersih kemudian giling sampai halus. Campur dengan 2 sdm minyak kastor, lalu remas. Gosok – gosokkan secara merata di kulit kepala dengan cara memijit – mijitnya. Lakukan hal ini setelah mandi di waktu sore hari, lalu bungkus kepala anda menggunakan handuk semalaman. Pada esok harinya, basuhlah rambut anda.

3. Kelapa Hijau

Air kelapa hijau mengandung glukosa, sukrosa, sakarosa, asam amino, fruktrosa,
dan mineral.

Ramuan:
Ambil kelapa yang masih muda lalu pangkas pada bagian atas maupun bawah. Lubangi di salah satu sisi, lalu masukkan 1 sdm garam. Setelah itu letakkan di luar rumah agar terkena embun dalam waktu semalam. Air kelapa tadi bisa dijadikan sebagai ramuan untuk rambut rontok. Basuh kulit kepala anda menggunakan ramuan tersebut sambil dipijit. Lakukan hal ini setelah mandi sore hari. Kemudian bungkus menggunakan handuk hingga pagi hari.

4. Klerak

Daging buah dari Tumbuhan klerak atau juga disebut lerak (sapindus rarak) mengandung zat saponin (beracun), namun bijinya mengandung minyak.

Ramuan:
Ambil 12 biji klerak, lalu rendam di dalam air panas. Biarkan sampai airnya menjadi dingin. Basahi kulit kepala menggunakan air rendaman tersebut sambil dipijit – pijit dengan ujung jari anda. Bungkus kepala memakai handuk bersih dalam waktu semalam.

5. Lidah Buaya

Daun lidah buaya (aloe vera) mengandung beraneka macam zat, seperti isobarbaloin, barbaloin, beta-barbaloin, damar.

Ramuan:
Ambil satu pelepah daun lidah buaya, lalu cuci hingga bersih. Lalu kupas duri dan kulitnya. Gosokkan bagian dalam lidah buaya, yang terasa kenyal di kulit kepala setelah keramas pada sore hari. Lalu bungkuslah menggunakan handuk bersih. Esok harinya, bilaslah rambut anda. Perawatan cara alami ini dilakukan tiap hari selama tiga bulan.

6. Daun Mangkokan

Daun mangkokan mengandung vitamin A, B1, dan C, fosfor, protein, lemak, kalsium, besi.

Ramuan:
Cuci hingga bersih, segenggam daun mangkokan, lalu tumbuk hingga halus.
Beri air sebanyak 2 gelas, remas lalu saring. Gunakan air perasan ini untuk menggosok kulit kepala, sambil sesekali dipijit. Bungkus menggunakan handuk yang bersih selama semalam. Bilas keesokan harinya.

7. Nyamplung

Biji dari tanaman nyamplung mengandung minyak atsiri, takamaha, resin, kalofiloid, karotenoid, asam kalofilat, sitosterol, gliserin, lendir, minyak lemak, tanin, dan takaferol. Getahnya mengandung aneka zat seperti resin, takamahin, asam takawahol, gumi, dan minyak terbang.

Ramuan:
Sebenarnya, yang dimanfaatkan dari biji nyamplung adalah minyaknya, melalui proses tertentu. Namun dengan cara sederhana, sediakan segenggam biji nyamplung, pecahkan biji tersebut dari kulit kerasnya. Letakkan biji tersebut pada kain bersih dan jemurlah selama sehari, maka keluarlah minyak biji nyamplung. Gunakan minyak ini untuk digosok – gosokkan pada kulit kepala, sebagai penyubur dan penumbuh rambut.

8. Pisang

Getah buah pisang mengandung asam galat dan tanin, sedangkan buahnya
mengandung vitamin A, B kompleks, C, E, noradrenalin, depamin, 5-hidroksi triptamin,  serta pektin, seratonin, dan tanin.

Ramuan:
Potong secara merata umbi batang pisang, cuci hingga bersih, lalu buatlah lubang se jengkal agar air umbi bisa terkumpul. Genangan air umbi tersebut dipakai untuk membasuh kulit kepala dan rambut. Lalu bungkus rambut anda menggunakan handuk dan biarkan sampai esok hari. Simak juga: Cara Alami Memperbaiki Rambut Bercabang

9. Teh

Ramuan:
Buatlah rendaman air teh sebanyak satu mangkuk. Sebelum tengah malam, letakkan rendaman tersebut di luar rumah supaya terkena embun hingga pagi. Sore hari berikutnya usai mandi, rendaman air teh tersebut digunakan untuk membasuh rambut dan kulit kepala sambil sesekali dipijit. Lalu bungkus memakai handuk
sampai pagi, kemudian bilas kembali.

10. Daun Urang-aring (Eclipta prostrata)

Tanaman urang-aring banyak mengandung nikotina.

Ramuan:
Ambil segenggam daun urang-aring lalu cuci hingga bersih, giling sampai halus.
Kemudian remas daun tadi setelah diberi dua gelas air hangat, peras dan saring. Taruh ramuan tadi di luar rumah, biarkan terkena embun dari sore hari sampai pagi. Selanjutnya pada sore hari setelah mandi, gunakan untuk membasahi rambut dan kulit kepala sambil dipijit. Lalu bungkus dengan handuk bersih sampai pagi

Demikian beberapa ramuan alami untuk memulihkan rambut rontok. Gaya hidup sehat dan pola makan seimbang tidak bisa lepas dari masalah ini. Demikian pula olahraga secara teratur.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

10 Ramuan Alami Untuk Memulihkan Rambut Rontok
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.