10 Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Selain digunakan sebagai penyedap makanan, ternyata banyak manfaat dari Daun kemangi untuk kesehatan. Daun Kemangi banyak mengandung gizi, seperti: betakaroten dan vitamin C. Betakaroten punya peranan penting pada fungsi penglihatan, sintesis protein yang menunjang proses pertumbuhan, menaikkan respon antibodi, dan juga sebagai antioksidan.
Demikian juga dengan Vitamin C pada kemangi berfungsi untuk pembentukan kolagen (penyembuhan luka, menjaga elastisitas kulit), meningkatkan penyerapan besi dan kalsium, sebagai antioksidan, mencegah terbentuknya nitrosamin yang bersifat karsinogenik / penyebab kanker, dan lain–lain.


Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Inilah beberapa Manfaat Kesehatan yang dapat diperoleh dari Daun Kemangi. Apa saja? Simak berikut ini:


10 Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi yang Luar Biasa


1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Penglihatan

Beta karoten yang dikandung Daun Kemangi berperan pada proses sintesis protein, ini berarti berpengaruh pada proses pertumbuhan serta perbaikan sel – sel rusak. Zat yang terkandung di dalam kemangi ini juga memperbaiki fungsi penglihatan dan kekebalan tubuh. [ Baca: Tubuh Segar dan Nyaman dengan Terapi Pijat Bambu Hangat ]

2. Berperan dalam Kesuburan

Kemangi juga mengandung zat yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan pria serta kesuburan pada wanita.

3. Mengobati panu dengan daun Kemangi

Jika ada seseorang yang terkena penyakit Panu, Kemangi bisa dipakai sebagai obat alami. Beberapa lembar daun Kemangi dicuci hingga bersih, lalu ditumbuk. Siapkan air dari rendaman kapur sirih. Campurkan air tersebut dengan daun kemangi yang sudah dilumatkan tadi. Balurkan pada Kulit yang terkena Panu. Lakukan hal ini setiap hari di waktu pagi dan malam hari.

4. Obat alami untuk Sariawan

Daripada membeli obat sariawan di toko obat, anda bisa membuat sendiri di rumah. Cuci segenggam daun kemangi hingga bersih. Kemudian yang perlu anda lakukan adalah mengunyah daun kemangi tersebut selama 3 menit. Setelah benar – benar halus, telan dan minum dengan air hangat. Lakukan hal ini setiap hari sebanyak tiga kali.


5. Anti Radikal Bebas

Antioksidan yang terkandung pada daun kemangi dapat mencegah pertumbuhan virus, bakteri, maupun jamur. Daun Kemangi juga efektif untuk melawan radikal bebas.

6. Menguatkan Tulang

Kandungan fosfor dan kalsium pada daun kemangi berperan dalam pembentukan Tulang dan menguatkannya. Demikian juga dengan boron dan astenol pada daun kemangi bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kerja hormon estrogen dan endrogen. Daun kemangi juga mencegah terjadinya Tulang Keropos.

7. Melancarkan Peredaran Darah

Daun Kemangi punya kemampuan melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Ini disebabkan kandungan magnesium pada Daun Kemangi yang membuat jantung tidak terlalu berat dalam bekerja, begitu juga dengan pembuluh darah. Aliran darah bisa menjadi lancar akibat mengkonsumsi daun kemangi. [ Baca: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami ]

8. Memerangi Flu dan menghilangkan rasa mual

Untuk membuat ramuan tersebut, caranya tidaklah sulit. Jemur beberapa lembar daun kemangi hingga kering, lalu seduh sebagaimana teh. Minumlah ramuan tersebut setiap hari sebanyak 2 kali. Cara ini bisa menyembuhkan rasa mual dan melawan flu yang menyerang.

9. Penyedap Bau mulut

Untuk membuatnya, cabut tumbuhan kemangi sampai akarnya. Cuci hingga bersih, lalu seduh menggunakan air panas. Anda bisa menambahkan madu atau gula merah sebagai pemanis rasa. Minumlah ramuan tersebut setelah sarapan.

10. Mengatasi Perut Kembung

Masukkan daun kemangi dan bawang merah ke wadah berisi air, lalu rebus keduanya. Campur ramuan tadi dengan minyak kelapa. Oleskan ramuan tadi ke perut yang kembung.
Itulah beberapa khasiat daun kemangi yang bisa anda dapatkan dengan membuatnya sendiri di rumah. Sebagai lalapan dalam keadaan mentah pun rasanya enak. Seharusnya, anda mulai menanam pohon kemangi di pekarangan rumah, atau di kebun. Karena dengan begitu, anda bisa memetiknya kapan saja diperlukan.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

10 Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.