9 Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Bahan Alami

Sakit gigi merupakan salah satu sakit yang sangat menyiksa. Jika penyakit tersebut kambuh, rasanya ngilu, nyeri, dan pening. Kebanyakan penderita sakit gigi ingin supaya giginya dicabut saja, karena tidak kuat lagi untuk menahan rasa sakit saat kambuh. Jika anda sedang menderita sakit gigi, tentu tidak kuat mendengar suara bising maupun berisik. Seperti itulah kira – kira gambaran penderitaan akibat sakit gigi. Oleh karena itu, rajin – rajinlah menggosok gigi anda agar gigi tetap sehat dan terawat. Untuk mendapatkan Gigi sehat dan putih [Baca: Cara Alami Memutihkan Gigi Anda ]

9 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami


Sakit Gigi disebabkan oleh banyak hal, seperti: gigi berlubang, terkikis, retak, atau gusi terkena infeksi. Berikut ini cara alami untuk mengobati sakit gigi dengan ramuan tradisional:

Cara Mengobati Sakit Gigi berlubang dengan bahan alami

1. Bawang Putih

Senyawa antiseptik yang terkandung di dalam bawang putih dapat mengobati sakit gigi berlubang. Kunyah sekedarnya saja, lalu tempelkan pada gigi yang sedang sakit selama beberapa menit. Buang bawang putih dari mulut anda, lalu kumur dengan air hangat hingga bersih.

2. Daun Cengkeh

Cengkeh mengandung metil salisilat, yaitu zat penghilang rasa nyeri. Minyak atsiri pada cengkeh inilah yang kita manfaatkan untuk mengobati sakit gigi. Cara tradisional untuk mengambil minyak atsiri tersebut dengan mencuci daun cengkeh, menyeduhnya dengan air panas lalu lumatkan! Peras daun tersebut untuk mengambil cairannya, basahi kapas dengannya. Masukkan kapas basah tadi ke lubang gigi yang sakit.

3. Teh Hangat tanpa Gula


Teh mengandung zat yang mampu mengontrol bakteri serta menurunkan keasaman air liur. Tidak hanya itu, teh mempunyai kemampuan membasmi bakteri pada mulut juga sebagai penghilang rasa sakit. Buatlah teh hangat tanpa menambahkan Gula di dalamnya, angkat kantung teh lalu tempelkan pada gusi yang sakit. Hal ini dapat menghentikan peradangan pada gusi.

4. Cabe Rawit

Senyawa capsaicin yang dikandung oleh cabe rawit berguna untuk meredakan rasa sakit gigi. Cara menggunakannya sama dengan teh, yaitu dengan melarutkan cabe ke dalam air panas, ambil kapas bersih untuk dicelupkan ke dalamnya, peras seperlunya lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

5. Getah Pohon Jarak

Sudah banyak orang mengambil manfaat dari pohon jarak untuk berbagai keperluan. Dalam bidang kesehatan, getah jarak dapat digunakan untuk mengobati gigi berlubang. Patahkan dahan pohon jarak untuk mengambil getahnya, teteskan pada gigi yang berlubang untuk menghilangkan rasa sakit. Anda juga bisa menggunakan kapas yang telah ditetesi dengan getah jarak, lalu menaruhnya pada lubang gigi yang sakit.

6. Akar Kangkung

Ini mungkin merupakan hal yang mengejutkan bagi anda. Ternyata selain digunakan sebagai sayuran, ada manfaat yang bisa diambil dari akar kangkung. Obat tradisional sakit gigi menggunakan akar kangkung bisa anda buat sendiri. Cara cukup mudah, ambil 1 genggam akar kangkung, ½ sdm cuka, dan segelas air. Rebus bahan – bahan alami tersebut selama beberapa menit. Berkumurlah dengan air rebusan dalam keadaan hangat.

7. Akar Meniran

Tanaman herbal ini, selain dimanfaatkan untuk mengatasi hepatitis, penyakit ginjal, disentri, dan gangguan saluran kencing juga berkhasiat mengobati sakit gigi. Kunyah akar meniran yang sudah dibersihkan sebelumnya, tempel pada gigi yang sakit.

8. Daun Serai

Untuk menggunakan daun serai sebagai obat tradisional bagi sakit gigi, cukup dengan merebusnya selama 30 menit. Gunakan air rebusan tadi untuk berkumur. Ramuan ini efektif untuk mengatasi sakit gigi.

9. Es batu

Mungkin hal ini sudah sering anda dengar. Es batu sangat efektif untuk menghilangkan nyeri akibat sakit gigi. Es batu juga dapat mengurangi pembengkakan atau peradangan gusi akibat sakit gigi. Anda bisa menggunakan kain bersih yang ada es batu di dalamnya. Tempelkan pada gusi yang sakit.

Semoga cara alami di atas membantu anda yang sedang menderita sakit gigi. Apabila sakit gigi yang anda alami masih berkelanjutan, segera hubungi dokter gigi anda.

foto: harianandalas.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

9 Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Bahan Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.