11 Cara Alami Memperbaiki Rambut Bercabang

Keindahan rambut merupakan salah satu faktor penting dalam penampilan. Keindahan rambut menunjukkan kesehatan seseorang. Rambut yang kering, kusam , dan bercabang merupakan bentuk dari kerusakan pada rambut. Rambut bercabang umumnya terjadi pada seorang wanita. Tentunya ini sangat berpengaruh terhadap rasa percaya diri wanita. Rambut bercabang biasanya dialami oleh wanita, karena kebanyakan mereka memiliki rambut yang lebih panjang daripada pria. Ketika anda keramas, ujung rambut tidak tercuci hingga bersih. Artikel lainnya tentang Cara Alami Meluruskan Rambut Menggunakan Ramuan Tradisional.


mengatasi rambut bercabang
sumber foto: gudangkesehatan.com

Selain itu, ada faktor – faktor lain yang menyebabkan rambut pecah–pecah / bercabang.

- Kekurangan nutrisi

Rambut rusak bisa disebabkan oleh nutrisi yang tidak tercukupi. Rambut perlu asupan nutrisi, antara lain berasal dari telur, susu, buah, sayur maupun kacang – kacangan. Keseluruhan nutrisi tersebut diperlukan oleh rambut anda.

- Efek dari cuaca

Paparan sinar matahari secara langsung bisa mengakibatkan kerusakan pada rambut, terutama apabila sinar matahari sangat menyengat. Demikian pula dengan air laut. Berendam di laut bisa merusak rambut anda, hal ini karena kadar garam yang tinggi dikandung oleh air laut.

- Bahan Kimia

Banyak orang suka dengan warna rambut yang berganti – ganti. Mereka mewarnai rambut dengan pewarna berbahan kimia. Padahal bahan kimia yang berbahaya bisa merusak rambut anda. Pilihlah pewarna rambut yang bagus dan berkualitas.

- Terlalu sering dicatok

Dengan mencatok rambut akan membuatnya lebih rapi. Namun kenyataannya, hal ini bisa menyebabkan rambut menjadi bercabang dan rusak. Bahkan hal ini bisa menghambat pertumbuhan rambut.

- Faktor Usia Rambut

Rambut pun mempunyai usia. Seiring bertambahnya panjang rambut menyebabkan ia semakin tua. Perawatan rambut panjang yang kurang baik menyebabkan rambut rusak dan bercabang.



11 Cara Alami Memperbaiki Rambut Bercabang


Sekarang saatnya berbagi cara perawatan untuk rambut bercabang. Simak cara – cara berikut untuk mengatasi rambut bercabang:

1. Pemotongan rambut secara rutin


Segera potong rambut anda, jika ujung rambut terlihat bercabang. Selalu rawat dan amati rambut anda. Namun cara ini harus dipadukan dengan cara yang lain. Pemotongan ujung rambut tidaklah menyelesaikan masalah rambut bercabang untuk selamanya.

2. Gunakan handuk yang lembut

Jangan mengeringkan rambut anda menggunakan handuk kasar. Jika anda sering melakukannya, maka yang terjadi adalah rambut menjadi kusam, kering dan rusak. Biarkan rambut mengering sendiri setelah keramas.

3. Hindari bersentuhan dengan Klorin

Jangan biarkan rambut anda terkena air kolam renang yang mengandung klorin. Jika ada sering berenang di kolam renang, sebaiknya gunakan penutup kepala.

4. Gunakan Kondisioner

Penggunaan kondisioner sebaiknya tidak dilakukan pada kulit kepala saja. Rambut juga harus diberi kondisioner agar terawat. Jadi, berikan secara merata di seluruh kepala anda.

5. Minyak Alami

Minyak alami bisa anda temukan pada minyak bunga matahari, minyak kelapa, dan minyak almond. Dengan pemakaian minyak alami pada rambut akan membuatnya menjadi lembut. Oleskan minyak alami sesudah keramas. Bungkus rambut menggunakan handuk hangat lalu biarkan selama 15 menit. Lalu keramas sampai bersih.

6. Minyak zaitun

Oleskan minyak zaitun pada seluruh permukaan kulit kepala serta rambut. Biarkan selama 5 menit, lalu keramas hingga bersih. Efek penggunaan minyak zaitun pada rambut adalah melembutkannya.

7. Cuka apel

Rambut menjadi halus dan lembut bisa diperoleh dengan pemakaian cuka apel. Campurkan 1 sdm minyak gandum dan setengah cangkir cuka apel. Tuangkan air seperlunya, kemudian oles secara merata ke bagian rambut anda sesudah keramas. Biarkan selama 10 menit, lalu keramas lagi hingga bersih.

8. Mayones

Selain melembutkan rambut, mayones bisa memicu peningkatan produksi minyak alami rambut. Sesudah keramas, keringkan rambut dengan handuk. Oleskan 1 sdm mayones pada rambut anda. Bungkus rambut anda menggunakan handuk panas. Biarkan mayones meresap pada rambut anda selama 25 menit. Keramas dengan shampo herbal.

9. Alpukat

Haluskan Alpukat dengan blender, campur jus alpukat dengan 2 butir putih telur. Aduk sampai merata, lumuri rambut dengan campuran ini. Lakukan pemijatan secara merata dengan lembut. Biarkan beberapa menit, lalu keramas hingga bersih.

10. Pepaya

Pepaya bisa melembabkan rambut anda. Ambil buah pepaya matang, lalu tumbuk hingga halus. Tuangkan setengah cangkir yoghurt lalu aduk lagi. Terapkan pada rambut selama setengah jam, lalu keramas hingga bersih. Anda juga dapat mempelajari Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan dan Kecantikan Rambut.

11. Krim

Olesi rambut anda menggunakan krim yang telah dicampur dengan susu. Pijat rambut selama beberapa menit, lalu keramas.

Untuk perawatan rambut dari dalam, anda bisa mengkonsumsi makanan yang kaya protein. Protein tinggi sangat bermanfaat untuk memperkuat dan mempertebal rambut. Ini merupakan nutrisi yang baik bagi rambut anda.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Cara Alami Memperbaiki Rambut Bercabang
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.